Selasa, 02 Oktober 2012

Kisah lebih Baik Mengerjakan Perkerjaan Bersama-sama

Dalam suatu perjalanan, Rasulullah saw
   memerintahkan para sahabatnya untuk
menyembelih seekor kambing untuk dimakan
bersama-sama. Salah seorang sahabat berkata,"ya
Rasul, biar saya yang menyembelihnya." Seorang
sahabat lainya berkata, "ya Rasul, saya yang
menguliti kulitnya." Sahabat yang lainya berkata,
"Saya yang akan memasaknya."
       Rasulullah saw lalu bersabda,"Aku yang akan
mengumpulkan kayu bakar untuk memasak ."
       Para sahabat lalu berkata,"ya Rasul, cukuplah
kami yang mengerjakanya. Engkau tidak usah ikut
menyelesaikan."
       Mendengar perkataan para sahabat, Rasulullah
saw tampak tidak suka. Beliau lalu bersabda," Aku
mengetahui kamu mencukupkan aku. Tapi aku tidak
suka terlihat berbeda daripada kamu. Sesungguhnya
Allah tidak menyukai seseorang dari hamba-Nya
berbeda di antara para sahabatnya."
       Maksudnya, beliaau tidak suka dibedakan oleh
para sahabatnya. Saat ada pekerjaan yang baik
dikerjakan bersama-sama.


Sikap Rasulullah saw yang
tidak mau dibedakan saat ada
pekerjaan yang dapat dilakukan
bersama-sama patut dijadikan
teladan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar