Senin, 01 Oktober 2012

Kisah Akhlak Cucu Rasulullah saw

Hasan bin Ali ra adalah seorang  tokoh islam
   yang sangat dicintai oleh umat islam. Sebagai
seorang cucu Rasulullah saw, Hasan ibarat permata
karena memiliki budi pekerti yang mulia dan terpuji.
       pada suatu hari, Hssan sedang duduk di muka
pintu rumahnya. Tiba-tiba datang seorang pemuda
Badwi. ia lalu mencacinya dan juga kedua ibu
bapaknya. Anehnya, Hasan hanya mendengar
tanpa sedikit pun berubah Wajahnya atau
membalas kata-katanya itu. Hasan berkata
kepada orang itu,"Wahai Badwi, apakah
kamu lapar atau haus? Atau adakah sesuatu
yang merisaukan hatimu?"
       Si   Badwi   tidak   mempedulikan
perkataan Hasan. ia terus memaki Hasan.
Akhirnya, Hasan menyuruh pembantu rumahnya
membawa bungkusan yang berisi uang perak.
Bunkusan itu lalu diberikan kepada Badwi sambil
berkata," Whai Badwi, maafkanlah saya.ini saja
yang saya miliki. jika ada yang lebih tidak akan saya
sembunyikan darimu."
      Sikap Hasan itu akhirnya melembutkan hati
Badwi. ia menangis terisak-isak dan sujud di kaki
Hasan sambil berkata," Wahai cucu Baginda
Rasulullah saw, maafkanlah aku berlaku kasar
terhadapmu. Sebenarnya  aku sengaja melakukan
ini untuk menguji kebaikan budi perketimu sebagai
cucu baginda Rasul yang  aku kasihi. Sekarang aku
yakinlah bahwa engkau mempunyai budi pekerti
yang sangat mulia."


Membalas
keburukan
dengan suatu
kebaikan
mampu
melembutkan
hati orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar